Kalahkan Ekuador, Tuan Rumah Masuk Babak Semifinal Copa America

Amerika Serikat sukses masuk ke babak semifinal Copa America Centenario 2016. Mereka berhasil menggulung pertahanan Ekuador dengan skor akhir 2-1. Dalam laga di babak perempatfinal yang dilaksanakan di CenturyLink Field, Seattle, Jumat (17/6/2016) pagi WIB, AS memang tampil dominan.

Performanya yang sangat baik, membuat Pelatih Amerika Serikat yakni Juergen Klinsmann tidak repot mengubah susunan pemain yang diturunkan di awal laga Copa America Centenario 2016. Dia hanya melakukan satu pergantian pada Matt Besler yang masuk lapangan mengganti posisi DeAndre Yedlin yang diberi sanksi larangan bermain.

Sementara untuk timnas Ekuador, pelatih mereka, Gustavo Quinteros memasang Michael Arroyo untuk mengganti Jaime Ayovi. Ekuador menjadi tim yang melakukan serangan di awal laga, namun serangan yang keras dari Jefferson Montero masih melenceng dan mengarah ke atas mistar gawang AS yang dijaga Brad Guzan.

Kesempatan emas AS yang berhasil membuahkan gol ada pada menit ke-22 melalui Clint Dempsey. Sepakan dari Bobby Wood menuju ke Jermain Jones yang kemudian menyerang ke kotak penalti dan ditangkap dengan sundulan Dempsey menuju tiang jauh. AS kemudian unggul dengan skor 1-0.

Hal ini menjadikan lawan terpancing untuk menyerang, walau akhirnya usaha Ekuador selalu gagal dengan pertahanan apik tuan rumah. Tak membuahkan hasil, gawang Ekuador malah terkena serangan di menit ke-43 dan hampir terjebol karena sepakan Alejandro Bedoya yang ada pada posisi bebas, malah mengenai Alexander Dominguez. Skor tak berubah hingga babak pertama usai.

Usai jeda, Ekuador langsung menambah serangan walau lagi-lagi tak berhasil. Di menit ke-53, keduanya harus kekurangan satu pemain karena terkena hukuman. Kapten Ekuador, Antonio Valencia yang terlihat menyerang Bedoya diberi kartu merah. Marah dengan kelakuan Valencia, Jones lalu menemu Valencia yang membuatnya terkena kartu merah.

Menit ke- 65, AS semakin unggul lewat Gyasi Zardes. Ekuador kemudian mengejar ketertinggalan dengan pada menit ke-74. Sampai laga usai, timnas Ekuador tidak berhasil mengimbangi skor, Amerika Serikat kemudian menang dan berhak maju ke babak semifinal.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*